Erna Laman

Senin, 01 Desember 2014

Resensi Buku: Richard L. Pratt, Dirancang Bagi Kemuliaan (Designed For Dignity)



Resensi Buku:
Richard L. Pratt, Dirancang Bagi Kemuliaan (Designed For Dignity).
Surabaya: Momentum 2002. 235 halaman

Ady Putra
Mahasiswa Program M. Th. Biblikal, STT SETIA Jakarta

Deskripsi. Richard L. Pratt adalah seorang Profesor Perjanjian Lama dari Reformed Theological Seminary di Orlando. Setelah membaca beberapa buku yang telah ditulis oleh Pratt, maka disimpulkan bahwa penulis sangat baik dalam memaparkan setiap narasi dalam Alkitab khususnya setiap narasi dalam Perjanjian Lama. Sehingga walaupun penulis adalah seorang akademisi akan tetapi setiap tulisannya, termasuk buku ini disajikan dengan bahasa yang relatif ‘ringan’ serta dengan contoh-contoh yang praktis. Hal ini sangat jelas dijumpai dalam buku ini.
Pada bagian pertama buku ini, penulis menjelaskan tentang posisi kita dalam Kerajaan Allah. Menurutnya, manusia diciptakan untuk menjadi sarana utama yang melaluinya Kerajaan Allah akan dinyatakan di atas bumi. Manusia memiliki peran yang unik dalam menghadirkan Kerajaan Allah dan manusia juga telah ditetapkan untuk berbagi di dalam kemuliaan ini. Berdasarkan peran manusia untuk menghadirkan kemuliaan Allah di dunia ini, maka Allah menciptakan manusia menurut gambar dan rupa-Nya. Menurutnya, kita adalah gambar Allah yang hina sekaligus yang mulia. Sebagai gambar Allah yang hina mengindikasikan bahwa manusia bukanlah Allah serta manusia hanyalah ciptaan yang memiliki keterbatasan. Namun manusia juga adalah ciptaan yang mulia, oleh karena manusia menjadi representatif pemerintahan Allah di bumi. Bahkan menurutnya, manusia merupakan simbol kehadiran Allah di bumi. Meskipun pada akhirnya, itu dirusak oleh dosa. Sehingga membuat gambar itu rusak total dan tidak lagi dengan sempurna dapat mewakili Allah di dunia.
Dalam bagian kedua, penulis mendeskripsikan tugas manusia di bumi sebagai gambar dan rupa Allah. Menurutnya, manusia memiliki tugas ganda, yakni: berlipat ganda dan menguasai bumi. Berlipat ganda bukan hanya berkaitan dengan pelipat-gandaan secara fisik, meskipun hal ini juga merupakan panggilan kita yang mulia. Oleh karena pelipat-gandaan dalam hal ini juga menyangkut tentang pelipat-gandaan secara spiritual – sehingga klimaksnya nanti adalah Amanat Agung. Sedangkan berkuasa berarti menguasai dunia demi kemuliaan Allah. Manusia harus memiliki relasi yang baik dengan alam sekitar, sesama, dan diri sendiri. Sehingga kemuliaan bagi Allah dapat terwujud melalui penaklukan bumi dengan kehadiran gambar-gambar Allah yang baik.
Bagian ketiga penulis mendeskripsikan tentang kejatuhan manusia yang merupakan gambar Allah ke dalam dosa. Menurut penulis, keputusan manusia untuk memberontak melawan Allah didahului oleh sebuah proses muslihat yang licik dari Iblis. Dan strategi Iblis adalah menyerang atau fokus kepada ‘kebanggaan manusia’. Namun meskipun manusia telah jatuh dalam dosa sama sekali tidak merubah manusia menjadi binatang. Manusia tetaplah menjadi gambar dan rupa Allah yang telah rusak. Sehingga gambar yang rusak inilah nantinya akan dikonstruksi ulang oleh Yesus Kristus melalui pengorbanan-Nya di salib.
Pada bagian keempat, penulis mendeskripsikan tentang situasi dunia pasca kejatuhan manusia dalam dosa. Kejahatan menjadi sebuah ancaman bagi bumi ini. Mengapa? Oleh karena seperti yang sudah dijelaskan di awal bahwa semua ciptaan Allah bertujuan untuk mempermuliakan-Nya. Namun sekarang hal itu tidak kelihatan lagi oleh karena kejahatan yang semakin merajalela di bumi. Dalam bab ini, penulis mengambil contoh dari kisah Nuh untuk menjelaskan bahwa sebenarnya Allah sudah memberikan banyak waktu kepada manusia untuk bertobat. Akan tetapi manusia tidak menggunakan kesempatan itu, sehingga Allah harus menghukum manusia karena dosa.
Bagian kelima penulis mendeskripsikan tentang pokok-pokok yang harus diperhatikan guna dapat kembali meraih tujuan hidup kita. Menurut penulis, dalam hal ini kita harus memperhatikan tiga pokok, yakni: (1) beriman kepada kuasa Allah yang sedang memimpin kita ke sana; (2) bersabar menantikan waktu Allah; dan (3) bertekun dengan setia kepada Tuhan. Untuk menjelaskan ketiga pokok di atas, maka penulis mengambil contoh dari kehidupan Abraham dalam pergumulan iman untuk meyakini dan menantikan realisasi janji Allah.
Bagian keenam penulis membawa kita untuk melihat situasi pada zaman Musa guna kita dapat menggali setiap berkat Tuhan yang ada di sana. Dahulu Tuhan mengutus Musa dan umat-Nya untuk berperang agar bisa merebut tanah perjanjian. Akan tetapi sekarang kita harus melakukan perang rohani dengan senjata Firman Allah, oleh karena dalam Firman Allah dapat ditemukan kekuatan dan keteguhan untuk menghadapi peperangan melawan Iblis. Semua ini harus kita lakukan guna membawa pemulihan gambar dan rupa Allah dalam diri manusia supaya dapat masuk ke dalam Kerajaan Sorga.
Pada bagian ketujuh, penulis mendeskripsikan tentang gambar Allah yang telah jatuh dan rusak total, diberikan oleh Allah kemuliaan yang lebih tinggi. Hal ini tampak dengan jelas dalam kerajaan Daud. Penulis mendeskripsikan bahwa sama seperti Daud yang diliputi oleh kegirangan dan syukur yang luar biasa kepada Allah atas berkat-berkat-Nya yang melimpah, maka demikian juga kita yang telah memperoleh berkat yang luar biasa dalam Kristus harus lebih bersyukur lagi bahkan lebih dari pada syukur Daud. Oleh karena melalui kebangkitan Kristus, memungkinkan kita untuk mengecap mahkota kemuliaan bersama dengan Kristus.
Pada bagian kedelapan, penulis menjelaskan tentang dua efek dari berkat Allah. Di mana menurutnya, apabila berkat tersebut digunakan seturut dengan maksud dan rencana Allah maka hal itu akan berdampak positif bagi hidup kita. Namun apabila dipergunakan dengan tidak benar maka hal itu akan berdampak secara negatif kepada kita. Hal ini dijelaskan penulis berkaitan dengan Hukum Taurat. Hukum Taurat dapat menolong kita untuk mengenal dosa sehingga kita merasa perlu seorang juruselamat. Akan tetapi Hukum Taurat sendiri bukanlah juruselamat. Sehingga apabila kita sudah mengenal dosa melalui Hukum Taurat, maka kita menghindari dosa.  Namun justru membuat kita semakin giat melakukannya. Bukankah hal ini menjadi lumrah dalam kehidupan gereja Tuhan?
Dalam bagian sembilan dan sepuluh, penulis mendeskripsikan tentang peran sentral dari Yesus Kristus sendiri dalam pemulihan gambar dan rupa Allah itu. Sehingga pemulihan yang utuh terhadap gambar dan rupa Allah dalam diri manusia tergantung pada upaya satu orang yang kepada-Nya kita menyandarkan segala harapan kita – Yesus Kristus. Ia menjadi langkah terakhir menuju kemuliaan. Namun dalam menunggu kondisi tersebut, terlebih dahulu kita dipanggil untuk menderita bagi-Nya. Setiap orang percaya menanggung penderitaan dan kesukaran demi Kristus.
Kelebihan. Penulis mendeskripsikan buku ini dengan sangat sistematis, bahasa yang mudah dipahami, meskipun nilai akademis dan alkitabiahnya tetap tinggi. Sehingga menjadi kerugian besar bagi setiap orang
Kekurangan. Pekerjaan yang sulit adalah mencari kelemahan buku ini. Buku ini nyaris sempurna. Meskipun sudah dua kali selesai membaca habis buku ini, akan tetapi kelemahan isi nyaris tidak ada. Richard L. Pratt memang seorang ahli Perjanjian Lama yang extra ordinary.
Rekomendasi pembaca. Buku ini sangat bagus, serta pesan yang disampaikan sangat urgen, sehingga menurut saya buku ini dibaca semua kalangan orang percaya. Sangat disayangkan apabila dibaca oleh kelompok mahasiswa teologi saja. Oleh karena bahasanya pun sangat mudah dipahami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

www.junedintan.blogspot.com